tips menjaga kesehatan dimasa pandemi

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Hingga kini, kasus positif virus corona mengalami peningkatan. Untuk melindungi diri dari paparan Covid-19, penting untuk menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan virus ini. Di samping itu, sangat dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut adalah tips untuk memulai pola hidup sehat di tengah pandemi Covid-19.

1. Istirahat Cukup

Tidur malam yang cukup akan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, usahakan untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam. Selain cukup istirahat, pastikan diri Anda selalu terhidrasi dengan baik lewat konsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Di masa pandemi ini, ada baiknya jika kita perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang dengan sayur dan buah-buahan dan vitamin. Hal ini penting, sebab nutrisi seperti vitamin yang terkandung di dalam sayur dan buah dapat membuat tubuh kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Di samping itu, usahakan untuk makan secara teratur dan tidak melewatkan jam makan, apalagi sarapan.

3. Aktif Bergerak dan Rutin Berolahraga

Di rumah saja, bukan berarti bisa malas-malasan. Justru, kita harus lebih aktif dan lebih banyak bergerak. Misalnya dengan melakukan yoga, bersepeda, atau sekedar berjalan kaki mengelilingi area rumah 15 menit setiap harinya. Dengan memulai gaya hidup lebih sehat, proses regenerasi dan metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih maksimal, sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

4. Jaga Higienitas

Pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik secara berkala, seperti sebelum dan setelah makan, setelah dari toilet, setelah beraktivitas,dan jika tangan kotor. Jika batuk atau bersin, tutupi hidup dan mulut dengan tisu. Setelahnya, segera buang tisu ke tempat sampah dan mencuci tangan hingga bersih. Jagalah juga kebersihan rumah.