Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenali 12 Produk Asuransi Penting Berikut Ini

ada 12 produk asuransi yang penting dimiliki oleh masyarakat Indonesia saat ini, semua memiliki manfaat dan tujuan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

—————-

Produk asuransi menjadi salah satu instrumen finansial yang digunakan sebagai bentuk preventif terhadap risiko kerugian finansial yang bisa terjadi dalam kehidupan. Meski kini sudah banyak variasi produk dari berbagai perusahaan asuransi, nyatanya tidak sedikit yang tidak mengetahuinya.

Perlu Anda pahami, di zaman yang dinamis dan selalu berubah, memiliki asuransi sangat penting untuk setiap kalangan. Tidak hanya orang tua dan kepala keluarga, tetapi setiap individu yang memerlukan proteksi finansial di masa depan harus memilikinya

Macam-Macam Produk Asuransi

Seiring tingginya perkembangan industri asuransi di Indonesia, hal ini memunculkan variasi jenis asuransi yang sangat beragam. Dari sekian banyak produk yang ada, Anda bisa bebas memilihnya sesuai kebutuhan. Lantas apa saja produk atau jenis asuransi tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1.     Asuransi Kesehatan

Semua orang perlu asuransi kesehatan (askes) karena jatuhnya penyakit pada seseorang sangat tidak terduga dan tidak bisa dihindari. Entah mudah hingga usia pensiun nanti, penyakit menjadi keniscayaan yang manusia alami. Untuk itu, perlu asuransi kesehatan untuk memberikan perlindungan dan rasa aman.

Asuransi kesehatan akan menanggung biaya perawatan dan rawat inap, biaya persalinan, biaya penyakit kritis, hingga memberikan santunan harian tunai bagi tertanggung yang telah disepakati. Kini ada banyak produk askes yang bisa Anda pilih dari berbagai perusahaan asuransi berbeda.

2.     Asuransi Jiwa

Program asuransi jiwa memberikan perlindungan finansial kepada ahli waris ketika nasabah sebagai kepala keluarga meninggal dunia. Asuransi jiwa banyak dipilih oleh nasabah yang sudah berkeluarga untuk menjamin keamanan finansial keluarga yang ditinggal.

Dalam program asuransi ini, ahli waris akan menerima santunan atau biaya pertanggungan atas premi yang dibayarkan nasabah selama menjadi peserta asuransi. Santunan akan diberikan dalam jumlah dan waktu yang telah tertulis dalam polis asuransi.

3.     Asuransi Unit Link (Investasi)

Asuransi yang juga disebut dengan produk investasi ini masih berkaitan dengan dua produk asuransi yang sebelumnya disebutkan. Dengan membeli asuransi unit link, Anda bisa menerima manfaat asuransi sekaligus nilai tunai investasi. Artinya, dalam satu polis asuransi unit link telah mencakup dua asuransi.

Dengan keunggulan itu, manfaat yang dirasakan akan berbeda. Seperti mendapatkan dua manfaat asuransi sekaligus dalam satu produk, nilai premi berkembang selayaknya investasi, pengelolaan dana dijalankan oleh manajer investasi dan keuntungan bersifat menengah maupun jangka panjang.

4.     Asuransi Mobil

Produk asuransi ini sangat penting dimiliki oleh Anda yang tinggal di perkotaan. Kepadatan lalu lintas di perkotaan membuat risiko kerusakan hingga kecelakaan mobil menjadi sangat tinggi. Untuk itu Anda perlu memiliki jaminan perlindungan terhadap kendaraan.

Program asuransi kendaraan ini akan menanggung biaya kerusakan mobil kecil hingga seutuhnya (all risk), menanggung kerusakan dan kehilangan (TLO), membayar ganti rugi bila tidak sengaja menabrak kendaraan lain, hingga memberi santunan bila pengendara mengalami kecelakaan.

5.     Asuransi Pensiun

Beberapa perusahaan asuransi menyediakan program dana pensiun (DPLK). Salah satunya BPJS Kesehatan, manfaat DPLK bersifat wajib sebagai bagian dari program perusahaan asuransi negara ini. Anda bisa meningkatkan pertanggungan jika punya anggaran lebih dengan melengkapinya dengan DPLK swasta.

Adapun perusahaan swasta yang menyediakan program ini adalah Tugu Mandiri dan Indolife. Dengan asuransi dana pensiun, Anda tetap menerima pendapatan di hari tua dan tentunya hasil pembagian investasi DPLK tidak dikenakan pajak.

6.     Asuransi Kecelakaan

Berbeda dengan asuransi kendaraan, pada jenis asuransi ini santunan akan diberikan kepada peserta jika mengalami kerugian akibat kecelakaan yang berisiko cedera, cacat sebagian, cacat tetap, hingga meninggal dunia. Jenis asuransi ini dapat diklaim jika risiko merupakan peristiwa kecelakaan kerja.

Oleh karena itu, asuransi ini sangat disarankan bagi para pekerja yang berisiko tinggi mengalami kecelakaan. Contohnya, para pekerja konstruksi bangunan, pekerja pabrik yang berkaitan dengan mesin, maupun pekerjaan berat lainnya.

7.     Asuransi Perjalanan

Produk asuransi perjalanan sangat Anda perlukan bila sering bepergian terutama ke luar negeri. Ini karena risiko perjalanan internasional akan lebih besar. Misalnya, kerugian akan sangat besar bila harus membatalkan perjalanan secara mendadak ketimbang membatalkan perjalanan domestik.

Oleh karena itu, program asuransi ini dapat menanggung berbagai ganti rugi nasabah. Seperti ganti rugi atas kecelakaan, keterlambatan, kerusakan atau kehilangan bagasi, perubahan penerbangan, kehilangan paspor dan uang, biaya hukum selama perjalanan, hingga pertanggungan evakuasi medis.

8.     Asuransi Properti

Perlindungan terhadap barang atau properti merupakan salah satu produk asuransi umum. Manfaat yang diperoleh dari asuransi ini akan sangat dirasakan oleh Anda yang memiliki usaha atau bisnis dengan risiko tinggi. Misalnya, usaha pabrik, penginapan, restoran, hingga salon yang rentan pencurian.

Ada berbagai perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan produk ini dengan pertanggungan terlengkap. Di mana nasabah akan memperoleh manfaat seperti ganti rugi atas risiko kebakaran, pencurian, hingga bencana alam pada properti yang diasuransikan.

9.     Asuransi Proyek

Sesuai namanya, manfaat program asuransi proyek tentu saja menanggung risiko finansial yang mungkin terjadi selama berlangsungnya pengerjaan suatu proyek. Oleh karena itu, salah satu tujuan dari asuransi ini adalah menanggung kerugian yang mungkin dialami pemilik proyek.

Dalam cakupannya, pengguna asuransi proyek akan menerima ganti rugi atas risiko kerusakan selama masa pengiriman mesin, ganti rugi terhadap kerusakan mesin, menjamin risiko kecelakaan kerja, menanggung finansial pihak ketiga yang tertimpa kerugian, hingga menanggung risiko pasca proyek.

10.  Asuransi Syariah

Pilihan asuransi syariah sangat cocok bagi nasabah beragama Islam yang menghindari adanya riba namun tetap ingin memiliki proteksi masa depan. Yang membedakan asuransi syariah dengan konvensional adalah prinsip pengelolaan dana polis yang menganut prinsip gotong royong.

Sehingga perusahaan asuransi hanya berperan sebagai pengelola dana dan tidak mempunyai hak milik. Ini karena status kepemilikan dana premi yang nasabah kumpulkan akan menjadi milik bersama. Sehingga dana tersebut akan digunakan ketika ada nasabah lain yang membutuhkan.

11.  Asuransi Sosial

Merupakan salah satu program asuransi yang bersifat wajib dan bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat. Contoh jenis asuransi sosial adalah BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Pemilik asuransi ini akan mendapat perlindungan finansial secara luas, harga premi asuransinya pun sangat terjangkau karena diperuntukkan bagi seluruh kalangan masyarakat. Khusus untuk tujuannya, perlindungan akan diberikan terhadap kesehatan masyarakat dan santunan untuk para pekerja.

12.  Asuransi Kumpulan

Asuransi ini bersifat kolektif yang artinya mampu menanggung beberapa orang individu dalam satu polis. Itulah kenapa jenis asuransi ini sangat disarankan untuk Anda yang ingin membeli asuransi untuk keluarga atau karyawan sebuah bisnis.

Manfaat yang diperoleh antara lain memberikan perlindungan pada lebih dari satu nasabah dan harga premi lebih terjangkau dibanding mendaftarkan setiap orang pada asuransi perseorangan. Kini sudah banyak perusahaan menyediakan jenis asuransi kumpulan, contohnya AXA Mandiri, Cigna, Allianz.

———–

Setelah mengetahui apa saja produk asuransi yang ada di Indonesia, sekarang Anda bisa tentukan jenis asuransi apa untuk Anda, keluarga, maupun bisnis yang dijalankan. Pastikan untuk memahami ketentuan setiap produk yang ditawarkan perusahaan asuransi agar bisa menerima manfaat secara optimal.