Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis Asuransi Mobil untuk Proteksi Kendaraanmu

Saat ini tentunya kamu sudah tidak asing dengan istilah asuransi. Salah satu asuransi yang paling banyak digunakan adalah asuransi kendaraan seperti mobil dan motor.  Jenis asuransi mobil terdiri dari asuransi TLO (Total Loss Only) dan asuransi comprehensive. Mari kita kupas jenis asuransi mobil manakah yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jenis asuransi mobil TLO (Total Loss Only) adalah asuransi mobil yang memproteksi kendaraan saat total kerusakan mencapai 75% dari harga mobil. Sedangkan, jenis asuransi mobil comprehensive adalah asuransi yang melindungi mobil dari segala risiko kerusakan baik dalam jumlah besar atau kecil.

Menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang perasuransian dijelaskan bahwa asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis, yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi.


Mudahnya, asuransi adalah ganti rugi finansial perusahaan asuransi kepada nasabah dari berbagai macam resiko. Resiko tidak terduga yang mungkin terjadi di masa depan. Ada banyak jenis asuransi. Seperti, asuransi mobil, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan dan asuransi lainnya.

Belakangan ini, banyak masyarakat yang mendaftar asuransi untuk kendaraannya. Hal tersebut berfungsi untuk melindungi resiko atas kejadian yang menimpa kendaraannya. Jenis asuransi ini mencakup risiko kerusakan, kecelakaan bahkan kehilangan.

Kamu ingin mendaftar asuransi untuk mobil? Simak penjelasan di bawah ya.

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Secara umum asuransi mobil dibagi menjadi dua yaitu, asuransi comprehensive dan Total Loss Only (TLO)Berikut penjelasan dari masing-masing jenis asuransi.

1. Asuransi Mobil Comprehensive

Asuransi comprehensive disebut juga asuransi mobil all-risk. Sesuai dengan namanya, asuransi comprehensive adalah asuransi yang menanggung segala jenis resiko. Maksudnya, asuransi ini akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan. Asuransi ini membayar segala jenis kerusakkan dari kecil hingga besar.

Mulai dari kerusakan karena kecelakaan, kebakaran, banjir atau bahkan kehilangan. Asuransi comprehensive ini mengcover semuanya, selama masih dalam lingkup perjanjian yang telah disepakati.

Oleh karena itu, asuransi comprehensive lebih banyak diminati oleh pemilik kendaraan. Walaupun pembayaran premi yang cukup besar. Justru karena premi yang cukup besar tersebut mampu mengcover banyak hal.

2. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Berbeda dengan asuransi comprehensive, asuransi ini hanya mengcover kendaraan yang mengalami kerusakan total. Asuransi ini hanya bisa diajukan ketika pemilik kendaraan kehilangan mobilnya. Yang dimaksud dengan kehilangan total adalah saat mobil terjadi kerusakan di atas 75%. Ataupun mobil hilang karena pencurian atau perampokan.

Jika mobil kamu mengalami kerusakan di bawah 75%, maka tidak akan menerima ganti rugi. Oleh karena itu, jika dibandingkan dengan asuransi comprehensive TLO ini memiliki premi yang lebih murah.

Manfaat dari Asuransi Mobil

Kamu tidak mungkin membayar sesuatu yang tidak memberikan manfaat bukan? Tentunya, dengan kamu mendaftar asuransi mobil ada banyak manfaat yang kamu dapatkan. Berikut beberapa manfaat dari asuransi mobil.

1. Memberikan Rasa Tenang dan Nyaman

Ketika kamu mendaftarkan mobilmu di perusahaan asuransi, tentunya kamu akan merasa tenang. Bilamana tiba-tiba kamu mengalami kecelakaan, ataupun kehilangan ada perusahaan yang menanggungnya.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu, ketika mobilmu memiliki asuransi kamu tidak perlu khawatir. Kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos yang mahal untuk memperbaiki atau membeli mobil yang baru. Karena, hal tersebut sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

2. Membantu Mengelola Keuangan

Jika suatu hari kamu mengalami kecelakaan, dan mobilnya rusak, kamu tidak perlu mengeluarkan uang. Kamu tidak perlu memikirkan berapa besar uang yang kamu keluarkan untuk memperbaiki mobil. Karena hal tersebut sudah ditanggung perusahaan asuransi.

3. Memberi Jaminan Resiko Kerugian

Asuransi ini juga dapat memberi jaminan resiko kerugian. Hal ini bisa dilihat saat pengguna asuransi mengalami suatu kecelakaan. Maka biaya kerugian akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Jika kamu ingin mendaftar asuransi ini, maka ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu jenis asuransi mobil beserta manfaatnya. Lalu, cari tahu berapa besaran premi dari kendaraan milikmu. Hubungilah perusahaan asuransi dan lakukan sesi konsultasi. Setelah itu daftar dan perhatikan polis-polis yang ditawarkan.

Bagaimana Cara Melaporkan Klaim?

  1. Melakukan pelaporan kejadian maksimal 2 x 24 jam setelah kejadian.
  2. Persiapkan dokumen seperti SIM, STNK, foto-foto mobil saat terjadi kecelakaan serta kebutuhan lainnya yang ingin kamu ajukan.
  3. Setelah itu akan dilakukan proses survey dari pihak perusahaan asuransi.
  4. Penerbitan SPK setelah dilakukan survey.
  5. Klaim akan ditangani sesuai dengan bengkel yang bekerjasama dengan pihak asuransi.

Bagaimana kamu tertarik untuk mendaftar asuransi mobil? Kamu bisa mendaftarkan mobilmu di cekpremi. Disana banyak perusahaan asuransi yang terpercaya. Seperti, Mega Insurance, Simas Insurtech, Intra Asia dan Stacco.